GARUDAKU BERKUTU

…………………………

Garuda di dadaku…

Garuda kebanggaanku….

Kuyakin hari ini pasti menang!

………………………….

Ini adalah sepenggal bait lagu “Garuda Di Dadaku”, yang sepertinya sudah akrab di telinga kita.

Garuda, seekor burung yang gagah perkasa merupakan lambang Negara Indonesia. Ini salah satu pelajaran yang penulis dapatkan dulu sewaktu masih duduk di bangku sekolah dasar. Di dada sang garuda tersebut terdapat 5 (lima) gambar yang melambangkan 5 sila atau Pancasila yang menjadi Dasar Negara.

Saat ini, penulis koq tidak terlalu yakin, kalau 5 sila yang berada di dada sang garuda itu masih tetap bertahan. Generasi sekarang, belum tentu hafal dengan sila-sila tersebut, apalagi menghayatinya. Jadi…. Jangan mengharap juga kalau diamalkannya.

Sepertinya…bulu-bulu sang garuda sudah mulai rontok, mungkin karena usia sang garuda yang seakin tua. Tapi setahu penulis, semakin tua berarti (seharusnya) semakin dewasa. Semakin dewasa berarti semakin mampu seseorang untuk merawat diri. Tetapi mengapa ‘Sang Garuda’ semakin tua koq semakin kusut,kotor dan (sepertinya) tidak mampu merawat diri? Sesekali boleh juga koq kalau mau Spa!

Kalau penulis amati, ‘Sang garuda’ tidak pernah mandi, apalagi keramas! Pantas saja kalau sekarang ini banyak kutu yang tumbuh di setiap bulu emasnya.

Yang mengherankan, para ‘zookeeper’ yang seharusnya merawat ‘Sang Garuda’ justru berlomba menggerogoti bagian yang seharusnya dijaga. Weleh..weleh…….

Satu per satu, perisai yang ada di dada ‘Sang Garuda’ diambil untuk dijual murah. Lalu, di mana kesaktian ‘Sang Garuda’ yang selalu diperingati setiap tanggal 1 Oktober, kalau perisai yang melindungi dari serangan musuhnya justru digerogoti oleh penjaganya? Itu artinya semakin lemah ‘Sang Garuda’ untuk mempertahankan JATI DIRInya.

Wahai penjaga garuda, di manakah hati nuranimu, hingga tega membiarkan bulu-bulu ‘Sang Garuda’ rontok satu per satu karena berkutu…..

Posted on 25/05/2011, in SOSIAL. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: