KISAH DIBALIK PEMBEBASAN MV. SINAR KUDUS DARI PEROMPAK SOMALIA

Berita tentang pembajakan MV. Sinar kudus oleh warga negara Somalia sudah banyak kita dengar dan baca dari media elektronik, yang pada akhirnya para anak buah kapal berhasil diselamatkan.

MV Sinar Kudus merupakan kapal milik PT Samudera Indonesia yang disandera perompak Somalia selama 46 hari. Perompak akhirnya bersedia membebaskan para sandera dan kapal setelah tuntutan tebusan mereka dikabulkan.

Dalam rangka misi penyelamatan MV sinar Kudus tersebut pemerintah telah mengirimkan 2 kapal perang klas fregate yaitu KRI YOS-353 dan KRI AHP-354, yang mana di dalamnya telah on board pasukan khusus TNI AL (Detasemen Jala Mangkara), Taifib, Kopaska dan Kopasus.

Ada fakta menarik dari perjalanan (liputan) pembebasan anak buah kapal MV Sinar Kudus ini, bahwa ternyata perompakan ini dipicu oleh keadaan negara (Somalia) yang carut marut, sehingga berdampak besar terhadap ekonomi warga negaranya.

Kebutuhan akan sandang dan pangan inilah yang pada akhirnya mendorong mereka untuk survive, salah satu caranya adalah dengan merompak kapal-kapal niaga yang melewati wilayahnya.

Namun perlu diketahui bahwasanya kapal yang potensial menjadi korban pembajakan adalah kapal cargo dengan kecepatan rendah (dibawah 20 knot). Kegiatan perompakan ini bukanlah kegiatan yang terorganisir, karena mereka hanyalah kelompok-kelompok kecil yang saling bersaing satu sama lain hanya untuk sesuap nasi. Seperti kehidupan jahiliyah.

Berkaca dari peristiwa tersebut sudah selayaknyalah kita dapat mengambil hikmah, bahwa kehidupan masyarakat sangat tergantung dari stabilitas nasional negaranya. Pemerintah sangat berperan penting dalam hal ini. Hendaklah hal ini menjadi suatu bahan pertimbangan tersendiri, kalau sistem pemerintahan negara kita memang sudah stabil,ekonomi sudah mulai menggeliat, mengapa harus diperkeruh dengan kegiatan politik yang hanya mementingkan keuntungan kelompok tertentu?

Dalam hal ini dibutuhkan seorang negarawan sejati.

Posted on 22/05/2011, in SOSIAL and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: